Yogyakarta- Arief Faqihudin dari Teknik Mesin 2013 bersama timnya tampil sebagai juara ke-4 dalam Asia Social Innovation Awards 2016. Asia Social Innovation Award 2016 sendiri merupakan suatu kompetisi yang diadakan oleh Social Ventures Hongkong dimana mengharuskan pesertanya membuat inovasi mengenai permasalahan sosial yang terjadi di negara-negara di Asia. Pada kompetisi ini Arief Faqihudin bersama timnya bersaing dengan pesaing lainnya seperti dari Hongkong, Vietnam, Malaysia, singapura, India, Korea Selatan, Thailand, Taiwan dan Negara asia lain untuk membuat inovasi mengatasi masalah sosial yang terjadi di negara masing-masing.

Arief Faqihudin menuturkan bahwa masalah sosial terbesar yang dihadapi Indonesia adalah masalah kesehatan, terutama masalah kesehatan gigi. Permasalahan ini sangat kompleks yang mana mengutip dari data riset yang dilakukan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan 7 dari 10 orang Indonesia mengalami masalah gigi, belum juga dengan masalah perawatan gigi yang sangat mahal. Hal inilah yang mendorong Arief Faqihudin dan timnya untuk mengembangkan inovasi dalam bidang kesehatan dengan ide mengembangkan COASS yang merupakan platform yang mempertemukan antara koas atau co-assistant dengan pasiennya. Koas sendiri adalah sarjana kedokteran gigi yang tengah menempuh gelar profesi. Dengan COASS ini perawatan kesehatan gigi menjadi lebih murah dan berkualitas. Berkat ide inilah yang mengantarkan Arief Faqihudin dan timnya menjadi Best Social Start-up Ideas untuk region Indonesia dan berhak mewakili Indonesia di Grand Final melawan 10 tim lain dari Hongkong, Vietnam, Malaysia, singapura, India, Korea Selatan, Thailand, Taiwan dan Negara asia lain.

dscf1884_33014864931_o

Pada kompetisi ini, Arief Faqihudin dan timnya mendapat dukungan dari banyak pihak. Salah satunya dari ditmawa melalui subdit kreativitas mahasiswa yang memberikan pelatihan dan bantuan dalam hal keberangkatan lomba. Selain itu terdapat dukungan dari dosen dan dekan FKG karena berharap inovasi Arief Faqihudin dan timnya menjadi solusi permasalahan koas di Indonesia. Pada akhirnya lahirlah www.coass.id yang merupakan hasil dukungan dari banyak pihak dan hasil kerja keras Arief Faqihudin dan timnya.

dsc04258_32759316310_o

“Jika kamu mahasiswa Teknik Mesin, jangan hanya terfokus pada bidangmu, lihat sekelilingmu apakah ada permasalahan yang bisa kamu selesaikan? Jika ada, selesaikan sebisa kamu” ujar Arief Faqihudin. Itulah pesan dari Arief Faqihudin kepada mahasiswa Teknik mesin UGM bahwa diluar bidang teknik mesin masih banyak hal yang dapat dikembangkan. Terakhir, Arief Faqihudin berpesan juga bahwa untuk menjadi mahasiswa berprestasi perlu untuk mengubah mindset, terus bersemangat untuk berprestasi, dan jangan takut gagal.

(Azh/Propulsi 2017)
dsc04333_1_33014877041_o

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.