Jum’at (10 Mei 2019) diadakan seminar Sharing Alumni dengan tema “How To Standout In A Competitive Job Market” oleh Berthin Saragih, Alumni Teknik Mesin UGM dengan lulusan tercepat dalam sejarah teknik mesin. Seminar dilaksanan di Ruang Sidang 1 DTMI dari pukul 13.00 sampai 15.00. Mas Berthin sekarang sedang mengambil gelar MBA di Amerika dengan beasiswa full, dan pernah bekerja menjadi manager di Schlumberger dan di start up energy terbarukan.

Mas Berthin awalnya menjelaskan bagaimana kita nanti setelah lulus berkompetisi dan bersaingan dengan lulusan lainnya tidak hanya lingkup teknik mesin saja, tetapi prodi yang lainnya. Bisa dimulai dengan memikirkan apa yang akan kita masukkan ke CV kita seperti pengalaman organisasi, prestasi, pengalaman dan sebagainya. Karena CV ini sebagai pintu masuk untuk lapangan pekerjaan. Mas Berthin juga merekomendasikan agar aktif dalam Linkedin, jejaring social untuk biasanya dunia kerja, seperti kita akan tahu koneksi, profil perusahaan yang akan kita masuki. Dan juga mas berthin menjelaskan mengapa ia mengambil MBA di Amerika karena banyak nya factor yang cocok dan menguntungkan, salah satunya adalah masih sedikit MBA di Indonesia bahkan dunia.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dengan peserta seminar seputar apa yang sebaiknya harus dilakukan di kampus dan yang hampir tidak ada gunanya untuk dunia kerja nanti dan seputar akademis seperti ipk dan sebagainya. Seminar ditutup dengan pemberian piagam dan sesi foto bersama dengan peserta seminar.

Written by: Aldi Franstanata