PRESS RELEASE: PELATIHAN DESAIN

Didalam kehidupan tidak ada kata tidak mampu, tidak ada kata tidak bisa, hanya ada mau berusaha atau tidak. Semua butuh proses, hasil terbaik tidak bisa didapat secara instan. Niat dan tekad yang kuat disertai kerja keras tentunya akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Jumat 25 Mei 2018, Divisi Propulsi KMTM mengadakan acara Pelatihan Desain. Dimana sesuai judulnya, acara tersebut ditujukan kepada mahasiswa mahasiswi Jurusan Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada yang memiliki minat dan keingintahuan dibidang desain grafis. Acara tersebut mendatangkan seorang yang cukup profesional di bidangnya, yaitu Bintang Wijaya DTETI 2016 dari komunitas Bikinbareng. Acara yang dilaksanakan di ruang sidang 1 DTMI ini diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat Teknik Mesin mulai dari angkatan 2017, 2016, hingga 2015 pun ikut berpartisipasi dalam acara yang bermanfaat ini.

Acara yang berlangsung kurang lebih 3 jam ini dibagi menjadi 2 sesi. Dimana sesi pertama membahas teori umum seperti prinsip-prinsip dasar seni rupa, cara kerja mata dalam menangkap suatu gambar, cara menentukan font yang sesuai dengan tema, hingga tips dan trik membuat suatu karya yang tentunya eye-catching seperti adanya rule of third dan lain sebagainya. Sedangkan pada sesi kedua, topik pembahasannya lebih terfokus pada cara memadupadankan warna agar tepat sasaran serta sesuai dengan maksud dan tujuan poster itu sendiri. Menjelang akhir sesi kedua ini, para peserta diberikan waktu untuk mencoba menggunakan aplikasi corel dalam hal pembuatan poster.

Suatu karya seni yang indah tentunya tak hanya mengandalkan kemampuan semata saja, namun juga perlu adanya ide ide yang luar biasa. Tapi jangan lupa akan satu hal, bahwa semua itu ada porsinya masing masing. Seperti halnya memasak, karya seni juga membutuhkan suatu racikan yang pas untuk menghasilkan suatu karya yang indah dipandang dan mampu menyampaikan maksud serta tujuan kepada masyarakat luar.

Pepatah mengatakan bahwa setiap kerja keras tidak akan mengingkari hasil. Begitu pula dalam hal seni. Ide memang mahal harganya, namun jika disertai kerja keras maka akan menghasilkan karya yang sangat luar biasa.

[icux/Propulsi 2018]

 

1527412359144

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *