PRESS RELEASE : Prestasi Tim GMRT dalam KRI 2017 Regional 3 dan 4

PRESS RELEASE : Prestasi Tim GMRT dalam KRI 2017 Regional 3 dan 4

Tim Gadjah Mada Robotic Team atau lebih dikenal dengan nama Tim GMRT adalah sebuah tim yang bergerak dalam pembuatan robot cerdas yang nantinya akan diikutkan dalam berbagai kompetisi robot baik nasional maupun internasional. Baru-baru ini tim GMRT mengikuti Kompetisi Robot Indonesia atau disingkat KRI 2017 Regional 3. Kompetisi ini digelar di Universitas Gadjah Mada dimana Tim GMRT menjadi tuan rumahnya.

Sebelum mengikuti KRI 2017 regional 3, tim GMRT mengikuti KRI 2017 regional 4. Tim yang mengikuti KRI 2017 regional 4 ini adalah tim KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) humanoid. Universitas Brawijaya, Malang tanggal 3-6 Mei 2017. KRI 2017 regional 4 ini bertempat di uniSetalah melalui persaingan sengit, tim KRSBI humanoid akhirnya keluar menjadi juara 3.

Kemudian kompetisi berlanjut ke KRI 2017 regional 3 yang bertempat di Universitas Gadjah Mada tanggal 11-13 Mei 2017. Pada kompetisi ini terdapat 4 cabang lomba, yaitu Seni Tari (KRSTI), Pemadam Api (KRPAI) berkaki, Sepak Bola (KRSBI) beroda, Abu Robocon (KRAI). Ketua tim GMRT yaitu Ahmad Kholid menuturkan bahwa dalam kompetisi KRI 2017 regional 3 ini, tim GMRT telah berjuang dengan keras karena bertindak sebagai tuan rumah yang mana harus memberikan kejutan. Selain itu Ahmad Kholid juga menuturkan dalam kompetisi ini terdapat banyak peristiwa diluar prediksi seperti robot pemadam api yang pada trail ketiga macet, robot sepakbola beroda mengeluarkan asap, dll. Walaupun dengan berbagai hambatan tersebut, tim GMRT dapat memborong berbagai juara, seperti juara 1 KRSTI (Tim Alfan), juara 3 KRPAI Berkaki (Tim Alfatih), best strategy KRSBI Beroda (Tim Fukuro), juara 3 KRAI (Tim HEROES), best design KRAI (Tim HEROES).

Dengan berbagai prestasi ini menjadikan tim GMRT berhak untuk tampil pada KRI 2017 tingkat nasional di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung tanggal 6-9 Juli 2017. Seperti yang diutarakan Ahmad Kholid bahwa tim KRSTI, KRAI, KRPAI berkaki, KRSBI Humanoid telah lolos ke tingkat nasional, namun ada 1 tim yang belum pasti yaitu tim KRSBI beroda karena belum memperoleh posisi juara tapi masih ada kemungkinan mendapatkan wild card. Untuk menyongsong KRI 2017 tingkat nasional ini, tim GMRT berusaha keras menyiapkannya seperti mulai menyiapkan akomodasi dan memperbaiki robot dari segi mekanis, elektronis maupun programnya.

 

(Azh/Propulsi 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *