STRUKTUR ORGANISASI

KETUA UMUM KMTM

Ketua Umum KMTM bertugas sebagai pemimpin dalam organisasi Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin UGM. Ketua bertanggung jawab dalam mengontrol seluruh komponen Pengurus Harian dalam menjalankan fungsinya. Sehingga ketua juga bertanggungjawab dalam menjaga nama baik KMTM bersama seluruh Pengurus Harian KM. Serta mengontrol segala kegiatan yang sudah disepakati oleh Pengurus Harian. Dalam menjalankan tugasnya, ketua dibantu secara langsung oleh sekretaris jenderal, sekretaris, dan bendahara. Sebagai penanggungjawab KMTM, ketua KM juga menerima pertanggungjawaban dari sekretaris jenderal, sekretaris, bendahara dan masing-masing departemen beserta divisi-divisinya.

SEKRETARIS JENDERAL

Sekretaris jenderal KMTM berada langsung di bawah ketua KMTM dalam garis koordinasi. Sekjen bertanggungjawab untuk mewakili ketua jika sedang berhalangan dalam menjalankan tugas. Selain itu Sekjen juga bertugas untuk menjaga kondusifitas KMTM dan melaksanakan kegiatan guna menguatkan PH KMTM. Serta bertanggungjawab untuk mengawal kegiatan besar yang sudah disepakati bersama.

 

SEKRETARIS I

Sekretaris I bertugas langsung di bawah perintah ketua KMTM dalam urusan pebuatan proposal dan surat-menyurat dalam organisasi KMTM. Adapun proposal yang menjadi tangungjawab Sekretaris I meliputi proposal terkait program sekretaris, bendahara, inventarisasi serta kegiatan internal Pengurus Harian. Dan dalam urusan surat-menurat, Sekretaris I bertugas untuk membuat template surat, penomoran surat dan template kesekretariatan lainnya. Selain itu Sekretaris I juga bertanggung-jawab dalam memantau seluruh proker KMTM.

SEKRETARIS II

Sekretaris II secara garis koordinasi berada di bawah Sekretaris I secara langsung. Sekretaris II bertugas mengatur penomoran surat untuk tiap surat yang keluar dari KMTM dan mendata surat yang masuk. Selain itu Sekretaris II juga berperan untuk membantu Sekretaris I dalam melaksanakan tugasnya dan menggantikan Sekretaris I jika berhalangan tugas.

 

BENDAHARA I

Bendahara I bertugas langsung di bawah perintah ketua KMTM dalam mengelola keuangan organisasi KMTM. Adapun keuangan yang dikontrol oleh bendahara I meliputi keuangan program KMTM, keuangan dari departemen KWU, serta keuangan yang bersumber dari sponsor dan donatur KMTM. Adapun proposal dan laporan keuangan masing-masing divisi juga harus melalui persetujuan dari Bendahara I. Selain itu Bendahra I juga mengurus pendanaan terkait program sekretaris, bendahara, inventaris serta kegiatan internal Pengurus Harian.

BENDAHARA II

Bendahara II bertugas langsung di bawah Bendahara I untuk membantu pengelolaan keuangan KMTM. Adapun tugas bendahara II secara rinci adalah membuat laporan keuangan KMTM secara periodik, bertangungjawab terhadap pemasukan dan pengeluaran uang kegiatan KMTM, serta bertanggungjawab dalam perekapan LPJ kegiatan dari masing-masing divisi.

 

KEPALA DEPARTEMEN KERUMAHTANGGAAN

Kerumahtanggan merupakan jabatan di luar divisi yang berada langsung di bawah garis koordinasi Ketua dan Sekjen KMTM. Kerumahtanggan bertanggungjawab atas kebersihan, kerapihan dan kenyamanan KM. Selain itu kerumahtanggan juga bertugas untuk menjaga inventaris dan fasilitas KM, menyelenggarakan gotong royong rutin ataupun kegiatan kultural lainya guna menjaga kebersihan, kerapihan dan kenyamanan KM. Kerumahtanggan juga melakukan tugas pelaporan untuk melporkan surat masuk ke sekretaris dan melaporkan titipan publikasi yang masuk ke propulsi seperti poster.

 

KEPALA DEPARTEMEN KEMAHASISWAAN

Departemen kemahasiswaan merupakan departemen yang bekerja pada bidang mahasiswa atau kepentingan mahasiswa. Departemen ini bertugas mengawasi dan mengkoordinir dua divisi di bawahnya yaitu Divisi Akademik dan Divisi HRD. Departemen Kemahasiswaan juga bertugas membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah di bidang akademik dan kemahasiswaan seperti beasiswa, permasalahan KRS, dan ujian. Selain itu Departemen Kemahasiswaan juga bertanggungjawab untuk membuat pelatihan atau diskusi yang dapat menunjang kemampuan Mahasiswa Teknik Mesin baik secara umum ataupun khusus.

KEPALA DIVISI AKADEMIK

Divisi Akademik KMTM FT UGM merupakan sebuah organisasi mahasiswa dibawah KMTM FT UGM yang berada dalam Departmen Kemahasiswaan KMTM FT UGM. Professionalitas dalam kekeluargaan merupakan nilai yang ditanamkan dalam divisi ini, karenanya Divisi Akademik KMTM FT UGM mempunyai slogan : “Do more!”. Sehingga kedua hal tersebut menjadi acuan dalam tindakan setiap anggota Divisi Akademik KMTM FT UGM untuk dapat melayani mahasiswa khususnya Teknik Mesin FT UGM lebih baik lagi. Secara struktur organisasi, kami mempunyai beberapa sub-divisi lagi, yaitu, sub-divisi soal & materi, sub-divisi asisten dosen, sub-divisi rumah tangga, dan yang terakhir sub-divisi kuliah umum. Sesuai namanya, kami melayani mahasiswa dalam bidang soal & materi, sebagai pionir sumber soal dan materi untuk tambahan referensi belajar yang dapat diakses melalui kmtm.ft.ugm.ac.id/bank-soal. Demikian pula dalam sub-divisi asisten dosen, kami mengakomodir dosen yang membutuhkan asisten karenanya kita selalu menseleksi asisten-asisten terbaik. Sub-divisi rumah tangga merupakan wadah yang bertujuan internal dengan mempererat setiap anggota divisi melalui program-programnya. Terakhir, sub-divisi kuliah umum merupakan media sumber informasi terkini dalam dunia nyata khususnya dalam bidang teknik mesin melalui kuliah umum / seminar dan sebagai garda depan Teknik Mesin FT UGM untuk branding ke luar.

KEPALA DIVISI HRD

HRD adalah singkatan dari Human Resources Development. Dalam ilmu terapannya, HRD biasa disebut sebagai “Personalia” . Di KMTM itu sendiri divisi HRD berada dibawah naungan departemen Kemahasiswaan. Divisi HRD memiliki peranan dalam memproses atau menangani berbagai masalah pada ruang lingkup keanggotaan dan kemahasiswaan untuk dapat menunjang aktifitas organisasi demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. HRD bertugas untuk melakukan persiapan dan seleksi Recruitment keanggotaan di divisi kmtm, pemberian pembekalan atau pengembangan kemampuan kepada anggota di divisi kmtm, serta melakukan pengevaluasian dan controlling dalam kegiatan keorganisasian di divisi KMTM ugm.

KEPALA DIVISI LOMBA

Divisi Lomba merupakan divisi yang baru terbentuk pada kepengurusan KMTM pada tahun 2017. Dalam divisi lomba ini, setiap naggotanya mewadahi minat dan bakat setiap mahasiswa Teknik Mesin UGM yang berminat untuk mengikuti kompetisi, baik skala regional, nasional, maupun internasional. Selain itu, divisi lomba juga memilki informasi tentang kompetisi-kompetisi yang tersedia dalam lingkup Teknik Mesin.

 

KEPALA DEPARTEMEN HUMAS

Humas KMTM adalah departemen yang bertugas untuk menjembatani KMTM dengan pihak luar KMTM. Derpartemen humas terdiri dari humas Internal, bertugas menjadi penghubung KMTM dengan lingkup dalam JTMI baik mahasiswa, dosen, maupun karywan. Humas eksternal, bertugas menjadi penghubung KMTM dengan KM/HM jurusan, fakultas, dan universitas lain maupun masyarakat luar. Humas alumni, bertugas menjadi penghubung antara KMTM dengan Alumni.

KEPALA DIVISI HUMAS INTERNAL

Humas Internal merupakan salah satu divisi di bawah Departemen Humas KMTM UGM. Fungsi dari Humas Internal adalah untuk menjembatani antara mahasiswa-dosen atau dosen-mahasiswa. Humas internal juga berperan sebagai penampung aspirasi mahasiswa Teknik Mesin untuk dapat disampaikan kepada pengurus Jurusan Teknik Mesin dan Industri. Program utama dari Humas Internal adalah Sarasehan Mesin UGM dan Hearing bersama pengurus jurusan.

KEPALA DIVISI HUMAS EKSTERNAL

Humas Eksternal adalah salah satu divisi yang berada di bawah Departemen Humas KMTM UGM. Divisi ini berfungsi sebagai jembatan penghubung antara KMTM UGM dengan organisasi lain di luar. Dalam melakukan fungsinya, Divisi Humas Eksternal memiliki tugas yaitu menerima dan melakukan kunjungan dengan organisasi lain, mempererat hubungan baik KMTM dengan oranisasi lain, serta mengirimkan delegasi dari KMTM untuk menghadiri forum ataupun organisasi kemahasiswaan.

KEPALA DIVISI HUMAS ALUMNI

Humas Alumni adalah salah satu divisi yang berada di bawah Departemen Humas KMTM UGM. Sesuai dengan namanya, Divisi Humas Alumni ini berfungsi sebagai penguat hubungan antara alumni dengan mahasiswa Teknik Mesin UGM maupun dengan Prodi Teknik Mesin UGM. Adapun kegiatan yang dilakukan Humas Alumni untuk mengeratkan hubungan tersebut yaitu melalui Sarasehan Alumni, Wisuda Mesin, dan Reuni Akbar Mesin UGM. Sebagai penghubung antara mahasiswa dan alumni sendiri sudah terbentuk organisasi alumni yang bernama KAMIGAMA atau Keluarga Alumni Mesin Gadjah Mada.

 

KEPALA DEPARTEMEN INFOTEK

Departemen Infotek atau singkatan dari Informasi dan Teknolgi adalah salah satu departemen yang berada di bawah naungan KMTM UGM yang bergerak di bidang informasi dan publikasi. Departemen ini membawahi empat divisi yaitu Divisi Propulsi, Divisi MMD, Divisi MEEC dan Divisi MECC. Sebagai sebuah departemen, Infotek bertugas untuk mengawasi dan mengkoordinasi empat divisi di bawahnya serta berperan sebagai pusat informasi dan publikasi segala kegiatan dan aktivitas KMTM. Untuk melakukan fungsi publikasi, Infotek bertugas mengelola dan mengembangkan sosial media milik KMTM. Selain itu Infotek juga bertugas mendata seluruh kegiatan dan menerima laporan prestasi dari semua divisi di KMTM.

KEPALA DIVISI PROPULSI

Divisi Propulsi KMTM FT-UGM adalah divisi dibawah Departemen Infotek (Informasi dan Teknologi). Divisi ini bergerak di bidang Promosi, Publikasi dan Dokumentasi. Divisi Propulsi menjadi garda terdepan untuk memberikan segala informasi tentang segala program dan kegiatan KMTM FT-UGM. Segala informasi tentang KMTM ini, Propulsi salurkan melalui media sosial, majalah dinding, dan buletin. Divisi Propulsi juga memberikan apresiasi bagi mahasiswa Teknik Mesin FT-UGM yang berprestasi baik akademik maupun non-akademik melalui Achievement Board. Dengan adanya Divisi Propulsi, diharapkan mahasiswa bisa terus mendapatkan informasi tentang KMTM FT-UGM sehingga fungsi utama KMTM sebagai roda penggerak mahasiswa bisa berjalan dengan baik.

KEPALA DIVISI MECHANICAL ENGINEERING COMPUTER CLUB

MECC merupakan singkatan dari Mechanical Engineering Computer Club. Divisi yang sekarang berada di bawah Departemen Infotek ini berfungsi untuk mewadahi anggota dan seluruh mahasiswa DTMI UGM untuk mengembangkan diri dalam bidang software dan hardware yang ada di dunia engineering. Divisi ini diketuai oleh satu Kadiv dan memiliki 4 sub-divisi yang bekerja di bawahnya, yaitu Sub-Divisi Design, Sub-Divisi Simulasi, Sub-Divisi CNC, dan Sub-Divisi Software and Hardware. Tiap sub-divisi dikepalai oleh seorang kasubdiv dan dibantu langsung oleh anggota yang masuk sesuai minat dan bakatnya. Kegiatan yang dilaksanakan MECC sendiri meliputi traning internal, training eksternal, seminar, kompetisi, dan rekreasi.

KEPALA DIVISI MECHANICAL ENGINEERING ENGLISH CLUB

MEEC adalah singkatan dari Mechanical Engineering English Club. Divisi ini merupakan divisi yang bergerak dalam pengembangan kemampuan bahasa inggris untuk mahasiswa Teknik Mesin UGM. Melalui divisi MECC, mahasiswa Teknik Mesin dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya yang dibutuhkan nanti dalam dunia kerja. Pengembangan kemampuan tersebut dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakuan. Adapun kegiatan dari Divisi MEEC ini antara lain Conversation Class yang dilakuan 2 kali setiap bulan, English Camp, dan Mechanical TOEFL upgrading.

 

KEPALA DEPARTEMEN KEWIRAUSAHAAN

KWU merupakan singkatan dari Kewirausahaan yang berarti menjadi badan kewirausahan milik KMTM yang mendukung pendanaan KMTM. Departemen ini merupakan departemen yang berdiri sendiri dan tidak mempunyai divisi. Departemen KWU mewadahi mahasiswa yang memiliki minat dan ingin belajar tentag dunia wirausaha. Selain itu KWU juga bertindak sebagai penyokong dana kegiatan KMTM melalui penjualan mechandise Teknik Mesin UGM yang dibuat sendiri oleh anggota KWU. Dalam pelaksanaan usaha, KWU memiliki koperasi sendiri yang dinamakan KOMENG atau Koperasi Mechanical Engineering.

 

KEPALA DEPARTEMEN MINAT DAN BAKAT

Departemen Mikat atau singkatan dari minat dan bakat merupakan departemen terbesar yang ada dalam organisasi KMTM. Departemen ini mengepalai 7 divisi yang menampung minat dan mengembangkan bakat mahasiswa teknik mesin, baik itu dalam bidang keteknikan maupun bidang yang lain. Divisi-divisi yang ada di bawah Departemen Mikat antara lain Divisi Paksima, Divisi Palamega, Divisi Olahraga, Divisi Music Room, dan Divisi Suporter Mesin UGM. Sebagai sebuah departemen, Departemen Mikat juga bertugas mengawasi dan mengkoordinir setiap kegiatan dari masing-masing divisi. Selain itu juga departemen ini juga bertugas menyaring bakat-bakat mahasiswa teknik mesin untuk dapat dikembangkan.

KEPALA DIVISI PAKSIMA

Paksima (Pusat Kreasi Mahasiswa) merupakan salah satu divisi di bawah Departemen Mikat KMTM. Paksima memiliki visi untuk mengamalkan tridarma perguruan tinggi secara lengkap, khususnya untuk pegabdian kepada masyarakat. Paksima memiliki tiga konsentrasi utama, yaitu mekanika, mekatronika, dan aero. Ketiganya secara terinegrasi mengakomodasi para anggota Paksima untuk berkarya. Banyak penghargaan tingkat nasional dan internasional yang tela diraih sejak Paksima pertama kali didirikan pada dekade 70-an. Melalui Paksima, diharapkan mampu dihasilkan insan-insan cerdas yang terus berjuang dan berkarya untuk kemajuan bangsa ini.

KEPALA DIVISI PALAMEGA

Palamega adalah singkatan dari Pecinta Alam Mesin Gadjah Mada. Divisi ini merupakan divisi yang berada dibawah Departemen Mikat yang mewadahi kegiatan ke-pecintaalam-an bagi seluruh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Industri. Divisi ini memiliki 2 sub-divisi d dalamnya yaitu sub-divisi Gunung Hutan dan sub-divisi Panjat. Palamega sudah berdiri sejak lama dan sudah berpengalaman dalam pendakian gunung-gunung terutama di Jawa seperti, Semeru, Merapi, Merbabu, Arjuno-Welirang, Sindoro, Sumbing, Gede, dan puncak-puncak lainya. Selain naik gunung dan panjat tebing, Palamega juga memiliki beberapa kegiatan lain seperti donor darah rutin, kegiatan amal, menanam seribu pohon, rafting, dan pendakian massal.

KEPALA DIVISI OLAHRAGA

Divisi Olahraga merupakan bagian dari Departemen Minat dan Bakat KMTM yang mengayomi seluruh mahasiswa Teknik Mesin untuk dapat berpartisipasi dan berprestasi dalam bidang olah raga. Divisi ini menekankan eratnya persaudaraan antar mahasiswa. Maka dari itu, tidak dibatasi oleh apapun bagi mahasiswa Teknik Mesin untuk dapat berkecimpung dalam divisi ini, baik secara kepengurusan ataupun sebagai atlet. Salah satu kegiatan yang mengeratkan persaudaraan antar mahasiswa teknik mesin adalah Liga Supermesin. Kegiatan ini merupakan kompetisi sepakbola antar angkatan untuk putra dan futsal untuk putri.

KEPALA DIVISI MUSIC ROOM

Divisi Music Room merupakan wadah apresisasi bagi para pecinta musik di Prodi Teknik Mesin. Pada perkembangannya, anggota music room cenderung condong ke arah band, dimana anggota yang banyak dapat dibagi menjadi beberapa grup. Salah satu event tahunan yang diikuti music room adalah techfest yaitu lomba band antar jurusan se-teknik. Music room juga telah menghasilkan musisi-musisi yang berkualitas. Salah satu band jebolan dari music room yang sudah terkenal dan tampil dimana-mana adalah M-Sinkopasi. Band ini juga menjadi band khas teknik mesin UGM yang diturunkan dari generasi ke generasi. Selain itu music room juga rutin mengadakan acara pementasan band yang diadakan setiap tahunnya yaitu Jam Session, yang menampikan band-band dari setiap angkatan dan jurusan lain. Music room mempunyai ruangan khusus untuk latihan band atau uang biasa disebut studio yang berada di sekretariat KMTM. Alat alat music room pun dapat dikatakan cukup lengkap.

 

KEPALA SUPORTER MESIN UGM

Divisi ini adalah divisi yang bertugas untuk memimpin dan mengkoordinir mahasiswa Teknik Mesin untuk ikut mendukung dan men-support mahasiswa yang sedang berkompetisi. Dalam menjalankan kegiatan suporter, dilakukan dengan menyanyi dan melakukan koreo kreatif. Adapun kompetisi yang disuporteri oleh Supermesum antara lain kompetisi olahraga Teknisiade dan Kontes Robot Indonesia. Anggota dari divisi ini mencakup seluruh mahasiswa Teknik Mesin UGM. Sehingga kegiatan suporteran juga diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Mesin UGM.