Yogyakarta – Raihan prestasi kembali diraih oleh mahasiswa Teknik Mesin UGM. Kali ini, Saiful Afandi, mahasiswa Teknik Mesin UGM angkatan 2012 berhasil meraih Juara harapan 1 dalam ajang Young Entreprenurship Spirit Competition. Ajang ini merupakan ajang yang digelar oleh Bank OCBC NISP bekerja sama dengan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE). Ajang ini diselenggarakan di Jakarta pada Rabu, 7 Oktober 2015.

Saiful tergabung dalam kelompok bersama Nasrul Hidayat (Fakultas Peternakan) dan Yudhi Kurniawan S (Fakultas Peternakan). Dalam kompetisi tersebut, Saiful bersama timnya mengikuti lomba untuk kategori Technology for Indonesia dengan membuat prototype inkubator telur otomatis “Super Inkubator” Satu Juta Anak Ayam. Inkubator ini memiliki sensor suhu, pengaturan kelembaban dan motor penggerak otomatis. Mesin penetas telur konvensional masih memiliki banyak kekurangan sehingga muncul gagasan untuk membuat alat tersebut.

“Peternak biasa belum menggunakan mesin penetas otomatis karena harganya yang mahal. Dengan inkubator ini kita mampu menekan biaya produksi sehingga alat tersebut terjangkau oleh peternak biasa. Kami berharap inkubator ini nantinya bisa diaplikasikan. Dengan tingkat keberhasilan menetaskan telur hingga 90%, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para penetas telur. “ Jelas Saiful saat diwawancarai tim Propulsi KMTM. Saiful menambahkan bahwa daging ayam saat ini paling potensial dalam program swasembada daging sehingga dengan adanya peningkatan DOC akan turut membantu menyukseskan program tersebut.

Saiful dan tim berharap dengan pembinaan selama 6 bulan tersebut kami dapat mengembangkan produk dan melatih jiwa kewirausahaan sosial. (Propulsi KMTM 2015)