Yogyakarta – Gadjah Mada Robotic Team (GMRT) kembali mengukir prestasi. Kini GMRT yang diwakili oleh tim Alfarobi berhasil menyabet Juara Ketiga dalam International Robot Contest kategori curling yang diselenggarakan di KINTEX, Korea Selatan. Kompetisi ini diadakan oleh Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi (Ministry of Trade, Industry and Energy), KIRIA (Korea Institute for Robot Industry Advancement), dan SNUST (Seoul National University of Science and Technology). Kompetisi ini berlangsung pada Minggu (1/11) dan diikuti beberapa negara seperti Jepang, Indonesia, Hongkong dan Korea.

Tim Alfarobi terdiri dari beberapa mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Gadjah Mada. M ereka adalah Azis Fajar Riyadi, Rendy Arminda Putra (Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri), Iman Agus Faisal, Imaduddin A Majid (Mahasiswa Departamen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi), Ja’far Shodiq Yusuf Bachtiar, Fauzi Nur Iswahyudi (Mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika) dan Fahmizal (Dosen Diploma Teknik Elektro) selaku dosen pembimbing.

International Robot Contest mempertandingkan 4 kategori yakni curling, survival marathon, fight dan fight-Royal Rumble Match. Pada setiap kategori yang dipertandingkan robot-robot melakukan misi untuk melakukan berbagai gerakan seperti memukul lawan, menendang, berlari dan berbagai gerakan lain. Untuk kategori curling sendiri, robot tim Alfarobi harus diprogram sehingga dapat dikendalikan untuk menendang sebuah objek ke titik tujuan.

Hasil ini sangat membanggakan untuk Gadjah Mada Robotic Team. Masih ada beberapa target kedepan dari GMRT untuk dicapai dan menambah gelar juara. (Propulsi KMTM 2015)