Yogyakarta – Kreatifitas para mahasiswa Universitas Gadjah Mada kembali membuahkan prestasi. Kali ini tim Arjuna UGM yang terdiri dari mahasiswa dari Fakultas Teknik (Teknik Mesin dan Teknik Elektro) dan MIPA (Elins) , berhasil meraih 3 penghargaan di ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) VII 2015 yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Bandung, 13-15 November 2015. Tim Arjuna yang berangkat untuk lomba kali ini adalah Arjuna generasi ke-4.

Kompetisi Mobil Listrik Indonesia 2015 ini terdiri dari lima kategori uji yang dipertandingkan. Kelima kategori itu adalah Uji percepatan, Uji perlambatan, Uji daya tanjak, Uji kecepatan (race) dan Uji Efisiensi. Kelima kategori tersebut dipertandingkan selama tiga hari, mulai tanggal 13 hingga tanggal 15 November 2015.

Di hari pertama, dilakukan kualifikasi untuk menentukan nomor urut untuk race. Kualifikasi ini dilakukan selama 2 lap dimana sirkuitnya sepanjang 1 kilometer. Untuk kualifikasi ini Arjuna mencatatkan waktu tercepat dengan 2 menit 18 detik untuk 2 lap. Dengan hasil ini maka Arjuna berhak mendapat nomor urut 1 untuk race.

Hari berikutnya, dilakukan uji tiga kategori sekaligus, yakni uji percepatan, uji perlambatan dan uji daya tanjak. Uji percepatan dan uji perlambatan dilakukan bersamaan dengan menggunakan lintasan sepanjang 30m. Kemudian dilanjutkan dengan uji daya tanjak.

Di hari ketiga, dilakukan uji race dan efisiensi. Kedua uji dilakukan bersamaan.  Seluruh peserta yang total terdiri dari 22 mobil dibagi dalam 3 sesi balapan. Masing-masing sesi dilombakan 7-8 mobil. Arjuna ikut di sesi pertama dan berada di urutan terdepan. Uji Race ini dilakukan sebanyak 10 lap.

Dari tiga hari berlaga di Bandung, akhirnya Arjuna membawa pulang tiga penghargaan untuk Universitas Gadjah Mada. Tiga gelar tersebut adalah :

  1. Juara 2 percepatan
  2. Juara 2 perlambatan
  3. The best team

Terima kasih untuk semua pihak yang telah memberikan dukungan untuk kesuksesa Arjuna. Terkhusus untuk Sky Energy sebagai sponsor tunggal tim Arjuna UGM. Semoga kedepan Arjuna UGM semakin berkembang dan semakin berprestasi. (Propulsi KMTM 2015)