Mechanical Upgrading adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh divisi HRD KMTM. Kegiatan ini ditujukan untuk anggota-anggota baru KMTM yang baru menjadi anggota KMTM. Acara ini mempunyai 2 tema kegiatan. Secara umum terdiri  2 hari dengan hari pertama bertema “Unleash the Leader in You”. Tema ini mengenai langkah-langkah dan bagaimana untuk menjadi pemimpin yang baik di sebuah organisasi . Pada hari pertama, pembicara adalah ketua-ketua kegiatan KMTM pada periode sebelumnya, yaitu, Ryan Wiratama, Ketua KMHE 2016, Thomas Tri, Ketua Dies Natalis KMTM, Praberta Adi, Ketua MEDCOM 2016, dan Rifqi Ferdiansyah (diwakilkan oleh Akhmad Kholid Kartiyoso), Ketua Engine Tune Up 2016. Selain itu dihadiri juga Arinta Budhi, sebagai Kepala Departemen Minat dan Bakat KMTM.

Pada sesi hari pertama lebih menceritakan mengenai seperti apakah suasana dan juga proses dalam kegiatan yang para narasumber jalani dahulu. Banyak kisah-kisah yang berbeda antara satu kegiatan dengan kegiatan yang lain. Kegiatan-kegiatan setidaknya memerlukan beberapa hal untuk membuatnya sukses, yakni komunikasi yang baik, koordinasi secara mendalam, strategi yang cepat dalam menanggapi masalah, dan juga sikap ingin terus belajar. Angkatan 2016 terlihat sangat antusias dengan tema pembicaraan yang menarik pada hari pertama.

Mechanical Upgrading pada hari kedua diisi oleh orang-orang berprestasi dari KMTM. Pada hari kedua ini, dengan tema “Four Years Studying, What Are You Trying to Accomplish?”, panitia Mechanical Upgrading menginginkan anggota KMTM baru memiliki semangat dan keinginan untuk berprestasi seperti di PKM, lomba-lomba, Student Visit, dan juga pertukaran pelajar. Pada hari kedua ini, narasumber adalah, Yarabisa Yanuar, sebagai pemenang dari Lomba Rancang Bangun, Syahrul Alim, Delegasi Kyoto University pada acara seminar Energy Winter, Katya Dara, peserta Schlumberger Internship, dan Belva Ababil, peringkat 4 Mapres UGM 2017.

Banyak informasi menarik dan trik-trik khusus yang disampaikan narasumber agar peserta semangat untuk berprestasi. Peserta seminar juga terlihat sangat antusias dan banyak yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Selain itu narasumber juga berbagi pengalaman bagaimana mereka bisa berjalan-jalan di luar kota atau luar negeri tanpa biaya yang dikeluarkan. Menurut Djabbar Yulianto, Penanggung Jawab kegiatan Mechanical Upgrading, acara ini bertujuan untuk meng-upgrade softskill mahasiswa dengan cara memberi contoh nyata dan penjelasan dari narasumber terkait. Selain itu dalam wawancara pada hari terpisah, Djabbar juga mengatakan berharap anggota KMTM yang baru mampu menerapkan ilmu yang diterima saat seminar dengan baik karena masih memiliki pemikiran yang fresh.

 

(Bad/Propulsi 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published.