Senin, 25 Februari 2019 PT Komatsu Indonesia mengadakan studium generale di Ruang Sidang 1 Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Studium generale kali ini merupakan agenda acara rutin yang dilakukan oleh PT Komatsu Indonesia ke beberapa universitas dan institut yang ada di Indonesia.

Studium generale kali ini dibagi menjadi dua sesi dengan sesi pertama mengusung tema “Outline of Construction & Mining Equipment and Komatsu Smart Construction.” dengan pembicara Mr. Tadashi Mori M.Eng sebagai General Manager, Asia Development Center, PT Komatsu Indonesia. Sesi kedua disampaikan oleh Mr. Yuji Terasaka M.Eng,  (Senior Chief Engineer on Manufacturing Development Center) dengan tema “Manufacturing Technology and Smart Factory in Komatsu (for heavy industry)”. Acara dimulai pada jam 08.00 pagi dengan dipandu oleh Yova (TM ’16) dan Amalia (TM ’16) sebagai pemandu acara.

 

Dalam sesi pertama, Mr. Tadashi Mori menyampaikan tentang bagaimana Komatsu Corporation melahirkan berbagai inovasi di bidang construction, khususnya di bidang pertambangan sehingga dapat meningkatkan efisiensi proses konstruksi namun tetap mengutamakan faktor keselamatan para pekerja. Di sesi kedua, Mr. Yuji Terasaka menyampaikan paparan tentang bagaimana proses manufakturing yang dilakukan Komatsu Heavy Industry dan inovasi-inovasi di bidang manufakturing termasuk penggunaan big data sebagai bagian dari Internet of Things (IOT). Kedua pembicara juga sempat melakukan dialog interaktif dengan para peserta melalui tanya jawab dengan kedua pemateri dan terasa bahwa peserta cukup tertarik dengan Komatsu Corporation dan inovasi-inovasi yang telah dihasilkan.

 

Studium generale berakhir pada pukul 12.30 yang ditandai dengan pengundian dorprize berupa model Heavy Vechile Komatsu skala 1:3 dan kaos highway yang diambil secara acak oleh kedua pemateri lalu dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta dan kedua pemateri dan diakhiri dengan santap siang bersama.

Written by: Ahmad Zaimuddin Afif/Propulsi TM2017