Yogyakarta – Beberapa minggu terakhir di Lingkungan Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin UGM terjadi sebuah kesibukan yang tidak biasa. Beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Teknik Mesin (KPUM Teknik Mesin) tengah menyiapkan sebuah acara yang cukup besar, yaitu Suksesi Pergantian Kepengurusan Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin UGM (KMTM UGM.)

Suksesi Kepengurusan periode 2015/2016 kali ini mengangkat dua nama calon ketua KMTM UGM, yaitu: Aziz Afif Rizqullah dan Nur Cholis Majid.
Awal dari suksesi ini adalah dengan pengumpulan berkas kedua calon, yang diajukan namanya melalui tahap audiensi ke Mahasiswa Teknik Mesin UGM dan musyawarah, ke pihak KPUM Teknik Mesin. Berkas yang dikumpulkan tersebut merupakan bahan pertimbangan dari tiap mahasiswa Teknik Mesin yang akan memilih ketua mereka untuk periode selanjutnya, termasuk Visi dan Misi kedua calon untuk KMTM kedepannya.

Setelah berkas yang diperlukan terkumpul, kedua calon dipersilakan untuk melakukan orasi terkait dengan Visi dan Misi yang mereka ingin terapkan dalam masa kepengurusan yang mendatang. Orasi dilakukan pada Hari Selasa, tanggal 8 Desember yang lalu, dengan dihadiri Prof. Harwin Saptoadi selaku Kepala Program Studi S1 Teknik Mesin dan Ir. Subagyo selaku Sekretaris Jurusan Teknik Mesin dan Industri. Calon dengan nomor urut 2, Nur Cholis Majid, mendapat kehormatan untuk memberikan orasi pertama, dan dilanjutkan oleh calon dengan nomor urut 1, Aziz Afif Rizqullah. Selesai melakukan orasi tentang Visi dan Misinya, moderator memberi kesempatan kepada hadirin untuk memberi pertanyaan-pertanyaan terkait orasi yang diberikan kedua calon. Setelah acara orasi selesai, hari itu tetap dilanjutkan dengan kampanye yang dilakukan oleh masing-masing tim sukses dari kedua calon, proses kampanye pun dilakukan hingga hari berikutnya.

IMG_20151208_153501
Calon Nomor 1, Aziz Afif R sedang Orasi menyampaikan Visi dan Misi
IMG_20151208_162419
Audience yang datang sedang mengajukan pertanyaan untuk kedua calon
IMG_20151208_154400
Calon Nomor 2, Nur Cholis Majid sedang Orasi menyampaikan Visi dan Misi

Tanggal 10 Desember, masa kampanye secara resmi ditutup dan dilanjutkan ke acara berikutnya, yaitu Pemungutan Suara. Pemungutan Suara dilakukan di area Lobby lantai 1 DTMI UGM. Yang dapat berpatisipasi memilih Ketua KMTM UGM adalah Mahasiswa Aktif Teknik Mesin UGM. Antusiasme yang ditunjukkan pemilih sangatlah baik, ini dapat dilihat dari hasil suara yang didapatkan lebih dari separuh dari jumlah Mahasiswa Aktif di Teknik Mesin. Pemungutan suara dilakukan selama 2 hari untuk mengantisipasi pemilih yang tidak bisa melakukan pencoblosan di hari pertama.

IMG_20151211_170713
Hasil Akhir Pemilihan Ketua KMTM UGM 2016
IMG_20151211_170536
Proses Perhitungan disaksikan oleh para mahasiswa

Tanggal 11 Desember 2015, pukul 16:00, pemungutan suara secara resmi ditutup untuk dilanjutkan penghitungan suara yang dilakukan di Bengkel Paksima Teknik Mesin UGM dikarenakan cuaca hujan sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan penghitungan di halaman Sekretariat KMTM UGM.
Tidak lama setelah penghitungan suara dimulai, hasil yang ditunggu pun keluar. Didapatkan hasil: 186 suara untuk Aziz Afif, 152 suara untuk Nur Cholis Majid, dan 9 suara tidak sah. Dengan demikian, diputuskan bahwa Aziz Afif Rizqullah yang akan menjabat sebagai Ketua KMTM periode mendatang.
Belum selesai acara penghitungan suara, Fadhli Akbar dan Achmad Denny Darmawan selaku Ketua dan Sekretaris Jendral KMTM periode 2014/2015 memberi sepatah-dua patah kata untuk Ketua KMTM terpilih. Dan diakhiri dengan kata-kata sambutan dari Ketua KMTM terpilih, Aziz Afif Rizqullah.

Selamat kepada Ketua KMTM terpilih! Semoga dapat menjabat dengan baik dan membentuk KMTM yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya. (Brt/ Propulsi 2014-2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published.